Komponen Dasar Bab Visual Basic 6.0

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Pengenalan Dasar Komponen Pada Visual Basic 6.0 serta bab dari Visual Basic 6.0. Jika anda yaitu pemula pembelajar VB 6.0 alangkah baiknya anda mengenal terlebih dahulu bagian-bagian yang ada di Visual Basic 6.0

Jika sebelumnya anda telah mengetahui Apa itu VB 6.0 ?
Dibawah ini anda akan mengetahui kegunaan dari komponen VB 6.0

Silahkan anda buka Visual Basic 6.0 pada Komputer anda
Klik Standard EXE lalu klik Open
Maka akan muncul gambar dibawah :

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Pengenalan Dasar Komponen Pada Visual Basic  Komponen Dasar Bagian Visual Basic 6.0
Berikut penjelasannya :

1. Menu Bar
Menu Bar menyerupai yang biasa kita lihat dalam Microsoft Office. Di dalamnya terdafat sajian File, Edit, View, Project, Format dan sejenisnya. Atau sanggup disebut juga Menu dasar untuk Edit, View, Project, Debug, dan lainnya.

2. Tool Bar
Fasilitas ini sanggup mempercepat pengaksesan perintah-perintah yang ada dalam pemrograman. Secara default, toolbar jenis Standard yang akan ditampilkan ketika Anda memulai Visual Basic. Untuk menampilkannya, dengan menentukan sajian View Toolbars - lalu beri tanda centang pada pilihan Standard.

3.Form
Form sering disebut dengan GUI (Graphical User Interface), yaitu sebuah objek yang dipakai untuk menempatkan objek-objek dari ToolBox atau Sebuah window yang berisi tombol-tombol kontrol yang akan Anda gunakan untuk mendesain atau membangun sebuah form atau report. Selain tombol kontrol Standard, Anda juga sanggup menambahkan sendiri tombol kontrol yang lain.
 
4. Project Window
Project Window yaitu sebuah window yang menampung project dan Form. Di dalamnya juga terdapat ikon View Code (untuk menampilkan area text editor) dan ikon View Object (untuk menampilkan GUI). Dengan memakai project window ini kita juga sanggup menambah form, menghapus, mengganti nama form, menentukan startup project dan lain-lain. atau Window ini menampilkan daftar form, modul, serta objek lain yang ada dalam project yang aktif. Sebuah project merupakan sekumpulan file yang Anda gunakan untuk membangun sebuah aplikasi.

5. Properti Window
Properti window yaitu sebuah window yang dipakai untuk memodifikasi objek berupa mengubah Caption, memberi nama objek, mengubah warna, ukuran, model dan sejenisnya. atau Window ini dipakai untuk mengatur properti sebuah objek atau kontrol yang Anda pilih. Sebuah properti merupakan karekteristik objek, menyerupai size, caption, atau color. Untuk menampilkannya, dengan menentukan sajian View Properties Window.

Semoga klarifikasi diatas bermanfaat untuk anda, ikuti terus Tutorial Visual Basic dari JNM.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel